Hidup di Rusia

Halo semuanya..kali ini saya mau sharing bagaimana serba serbi kehidupan di Rusia, khususnya sebagai mahasiswa asing. Siapa sih yang ga pernah bercita-cita kuliah di luar negeri terutama Rusia, tapi apakah kita sudah siap dari segi mental, fisik, prestasi maupun finansial. Buat kalian yang punya mimpi untuk melanjutkan study atau kuliah disini. Semoga point-point penting di bawah ini bisa menjadi referensi agar kita dapat mempersiapkan lebih baik lagi sebelum berangkat ke Rusia :))

1.   Biaya Hidup

Toko berarsitektur indah di Rusia.

Biaya hidup di Rusia tergantung bagaimana gaya hidup kita, dan kota di mana kita tinggal. Biasanya untuk hidup di kota-kota besar seperti Moscow atau St. Petersburg kita memerlukan biaya perbulan berkisar +/- 350-500 USD, dan biaya hidup di kota lainnya +/- 200 – 300 USD. Setiap bulan pemerintah Federasi Rusia hanya memberikan uang saku +/- 40 USD. Sebagai mahasiswa yang memiliki visa pelajar, untuk mencari kerja tergolong sulit, lebih tepatnya tidak diizinkan dan sangat sedikit kesempatan untuk bekerja.  Jadi untuk biaya hidup sebagian besar ditanggung oleh pihak orang tua masing-masing.

2. Cuaca dan Musim


Sebuah nama yang terukir dalam dingin salju.

Sama seperti negara-negara Eropa lainnya, Rusia memiliki 4 musim, musim panas,  gugur, dingin dan musim semi.  Pada saat musim panas cuaca tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, hanya saja waktu siangnya akan terasa sangat lama. Terutama sangat terasa ketika bulan Ramadhan bertepatan dengan musim panas, dalam sehari kita bisa berpuasa mencapai 19 jam. Bahkan di kota-kota utara Rusia ada malam-malam yang tidak ada gelap sama sekali atau White Nights. Pada saat musim dingin suhunya bisa turun sangat drastis, di kota-kota timur rusia atau Siberia suhu bisa mencapai -40 C dan di kota selatan Rusia maksimal hanya mencapai minus belasan celcius. Tapi jika kita sudah tinggal di sini, biasanya tubuh akan dengan sendirinya beradaptasi dengan suhu ekstrem tersebut.

3.  Agama

Ciri khas Gereja Ortodoks memiliki kubah seperti Masjid.

Penduduk Rusia mayoritas penganut agama Kristen Ortodoks, dan Islam sebagai agama terbesar kedua di Rusia. Agama-agama lainnya juga ada seperti Kristen Protestan, Katolik Roma, agama Yahudi, dan Buddha. Tapi tidak sedikit juga dari mereka yang tidak menganut kepercayaan apapun atau Atheis. Bagi penganut Kristen Ortodoks merayakan Natal bukan setiap tanggal 25 Desember, tapi mereka merayakannya setiap tanggal 7 Januari. Untuk menjalankan ibadah sampai saat ini tidak ada hambatan yang berarti. Biasanya di setiap kota menyediakan tempat beribadah seperti mushola, masjid, ataupun gereja. Hanya saja ketika hari-hari besar keagamaan tidak ada hari libur nasional. Jika hari besar keagamaan kita bertepatan dengan perkuliahan maka kita bisa meminta izin libur untuk merayakannya.

4.  Masyarakat

Buranovshki babushki girlband asal Rusia.

Di Rusia kita begitu mudah bertemu dengan orang yang mengucapkan kalimat dengan intonasi tinggi, marah-marah, bahkan mengomel, namun seketika bisa berbalik menjadi sangat murah hati. Ungkapan 'Tak kenal maka tak sayang' sangat pas untuk menggambarkan karakter orang rusia yang terkenal keras, dan jarang tersenyum. Disini kita dapat belajar, sering tersenyum bukan berarti ramah, ramah juga bukan berarti selalu tersenyum. Sepertinya para mahasiswa Indonesia disini sangatlah setuju dengan tulisan Andrea Hirata "Kalau bisa bertahan hidup di Rusia maka kita akan bisa hidup di mana saja".

5.  Pendidikan

Studi di Rusia
Para mahasiswa Rusia di dalam kelas.

Rusia merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Banyak penemu ataupun ilmuwan-ilmuwan yang lahir dari negara bekas Uni Soviet ini. Untuk semua mahasiswa asing penerima beasiswa selama perkuliahan menggunakan bahasa Rusia. Maka dari itu sebelumnya selama 8-10 bulan kita akan masuk kelas persiapan bahasa rusia bersama mahasiswa asing lainnya. Setelah itu kita akan mengikuti perkuliahan seperti biasa bersama mahasiwa asli Rusia. Rusia menggunakan sistem paket, dan bukan sks jadi sistem perkuliahan ditentukan dalam jangka waktu tertentu misal 4 tahun, berarti dalam jangka waktu 4 tahun kita sudah harus menyelesaikan study nya disini. 

Sebenarnya pengalaman study di luar negeri adalah hal yang paling berharga dan tidak dapat digambarkan jika kita belum merasakannya sendiri. Dengan study di luar negeri maka kita akan menjalin hubungan (networking) dan berteman dengan berbagai mahasiswa baik dari negara maju maupun berkembang lainnya yang dapat mendukung ketika kita masuk ke dalam dunia kerja. Selain itu bahasa Rusia adalah salah satu bahasa resmi PBB yang merupakan bahasa dengan penutur terbanyak kelima di dunia.


Semoga bermanfaat :)
-Nadia Mutia Rahmah

CONVERSATION

33 comments:

  1. Replies
    1. Wah ada alumni Rusia, makasih kak udah berkunjung ;D

      Delete
    2. posting mengenai olimpiade sochi doong... walopun ga bisa dateng tapi ttp berasa suasananya namura :) btw namura nonton ga?

      membaca postingan namura mengingatkanku kembali di masa-masa muda :D

      udachi vam

      Delete
  2. maaf mbak.. kalo misal orang tua tidak mampu untuk membiayai kekurangan biaya hidup di Rusia bagaiamana solusinya mbak?

    Padahal biaya hidup disana lebih tinggi dari beasiswa pemerintah rusia.

    Yoga
    Universitas Gadjah Mada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya biaya hidup bisa diminimalisir dengan gaya hidup kita.
      Kalau untuk S2 dan S3 biasanya lebih mudah untuk mengajukan beasiswa bantuan dari diknas atau Beasiswa Unggulan.
      Nah kalau untuk S1 sangat sulit untuk mencari sponsor jadi sebagian besar biaya hidup harus ditanggung oleh pihak orang tua masing-masing.

      Delete
    2. Halo Namura, baik banget deh kamu bagi2in info beasiswa ke Russia :D semoga kebaikan kamu dibalas oleh Tuhan ya, aamiin

      saya pingin lanjut S2 nih, tapi setelah liat biaya yang harus ditanggung sendiri, saya jadi kepikiran buat kerja dulu buat cari modal hehe. beasiswa ini per tahun selalu ada kan ya? apa saya harus hubungi Kantor Kebudayaan Russia dulu tahun depan?

      Delete
    3. Halo juga,
      aamiin, terimakasih ya :D
      Iya setiap tahun beasiswanya selalu ada, kalau mau tanya-tanya lebih lanjut seputar beasiswa rusia ini bisa hubungin Pusat Kebudayaan Rusia. Tapi kalau memang pengen cobanya tahun depan, setiap tahun selalu rutin dibuka kok.

      Delete
  3. privyet.. ochen priyatna mbak.. saya mau tanya kapan hari ada berita mengenai lpdp memberi smcm beasiswa afirmasi untuk mhs yang ada di rusia.. itu bagaimana mekanismenya? apakah semua mahasiswa indonesia disana penerima beasiswa dari pemerinta rusia juga ototmatis mendapatkannya? terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Privyet Tegar, spasibo tebya tozhe :)
      Beasiswa LPDP diperuntukan hanya untuk program S2 dan S3, khusus untuk tahun ini proses pendaftaran sudah dibantu melalui kedubes Indonesia di Rusia maka seluruh mahasiswa S2 dan S3 yang sedang menempuh pendidikan di Rusia mendapat bantuan beasiswa LPDP. Namun untuk tahun-tahun selanjutnya mungkin harus melalui prosedur penyaringan atau mendaftar pribadi ke Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

      Delete
    2. spasibo mbak.. begitu mendengar info diatas jadi kembali berminat untuk apply kembali untuk master degree nanti..

      Delete
  4. halo mba, saya mau tanya, apakah mba sebelum mendapatkan beasiswa ke rusia mba mempunyai basic berbahsa rusia? karena sejujurnya saya agak takut berkendala dalam bahasa, dan apakah entang waktu 10 bulan cukup untuk menguasai bahasa rusia? terima kasih banyak mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yulia,
      jujur kalau saya pribadi sebelum berangkat ke rusia, sama sekali ga punya basic bahasa rusia, bahkan untuk membaca huruf rusia atau cyrillic saya ga tau sedikitpun. setelah lulus kelas persiapan bahasa selama setahun, saat perkuliahan nanti khusus mahasiswa asing masih ada mata kuliah bahasa rusia yang wajib diikuti sampai tingkat 3 (untuk undergraduate student), artinya selama 4 tahun kita tetap intensif belajar bahasa rusia. mungkin wajar kalau ada kesulitan di tingkat-tingkat awal. semoga kedepannya bisa mengikuti perkuliahan dengan baik. good luck ya :)

      Delete
    2. atau biasanya para pendaftar beasiswa selama menunggu pengumuman dari pusat kebudayaan rusia dan kementrian pendidikan di rusia, jangka waktu sekitar 5 bulan (maret-agustus) bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa rusia di indonesia, seenggaknya kamu punya basic sedikit sebelum berangkat ke rusia ;)

      Delete
  5. mbak terima kasih atas postnya,,saya mau nanya,,apakah setiap jurusan di buka di rusia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak semua jurusan ada, mungkin bisa dilihat di list jurusan, silahkan download disini: http://vk.com/doc153969245_251365990

      Delete
    2. Brapa lama di Russia Nad, Mut, Rah, ♥?

      Delete
  6. Halo mbak, privyet. September ini saya akan ke moscow u/ mlnjutkan studi. Saya perlu survei boleh? Tapi di email mbak. Ini email saya m.anjeli@yahoo.com. o'chen pryatno ya mbak :)

    ReplyDelete
  7. Halo mbak namura. Saya ingn bertanya. Bagaimana cara mendapatkan beasiswa ke rusia? Soalnya saya tertarik banget denga ruaia. Apa lagi setelah membaca blog ini saya semakin tertarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca postku tentang beasiswa rusia ya, disana persyaratan dan detailnya semua :)

      Delete
  8. kenapa bisa ke russia? dapet beasiswa atau biaya sendiri?

    ReplyDelete
  9. Halo ka apa masi kuliah d russia smpai skrg? Rencanany akhir bln ini saya mau k rusia utk mulai podfak. Apa saya bsa tanya2 sdikit? Kalo bisa tlg email k sriwidiarisuwitera@yahoo.com:) спасиба:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, sudah di Rusia kah sekarang? Welcome to Russia :))

      Delete
  10. wahh mau baca2 lgi ahh, terus bloging ya kak. pengen ke russia jadinya.

    klo anak peternakan bisa gk yaa ? hhehe

    ReplyDelete
  11. Привет всем
    Salam kenal mbak :)
    Saya tertarik setelah membaca postingan ini dan saya ingin berencana melanjutkan studi di sana
    Kalo mahasiswa manajemen apakah bisa apply ke sana y mbak?



    ReplyDelete
  12. Привет всем
    Salam kenal mbak :)
    Saya tertarik setelah membaca postingan ini dan saya ingin berencana melanjutkan studi di sana
    Kalo mahasiswa manajemen apakah bisa apply ke sana y mbak?



    ReplyDelete
  13. Salam kenal ka. Aku boleh nanya nanya gak ka?
    Ini alamat e-mailku : ftabita30@gmail.com

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. Ada tawaran kerja di Sabetta (Yamal LNG) tapi masih ragu ngadepin suasana kerja disana, punya referensi gimana behviour pekerja Rusia, trus trik jalanin ibdah waktu kerja dan Ramadan waktu kerja.

    salam,
    Shofian

    ReplyDelete
  16. Mbak saya lagi cari referensi kampus d rusia buat s2, boleh tau ga mbak kampusnya dimana?

    ReplyDelete
  17. Mbk untuk s1, mengenai biaya hidup masa gaada solusi lagi untuk ngeringanin biaya dari ortu? Emang gaada beasiswa sponsor buat s1 ta? Makasih

    ReplyDelete

Back
to top