Hal-Hal Unik di Rusia

Tak terasa sudah setahun 2 tahun 3 tahun  4 tahun lebih saya hidup di Negeri Beruang Merah ini. Banyak hal-hal unik yang membuat saya sedikit kaget dengan gaya hidup di luar negeri :D.
Negeri yang sangat luas dan dingin ini menyimpan banyak hal-hal unik dan misterius.
Berikut ini hal-hal unik yang saya temukan selama di Rusia.


1. Mbak-Mbak Cantik


Pernah ngebayangin gak sih kalau penjaga toko mukanya mirip artis Hollywood atau model seperti Kristen Stewart, Irina Shayk atau petenis Maria Sharapova? Tapi hal ini biasanya terjadi di Rusia. Jika kita masuk ke Cafe atau toko dengan mudahnya bisa kita temui wanita-wanita cantik seperti itu. Mereka di sana bukan sedang fashion show atau pemotretan. Tapi, mereka sedang bekerja menjadi penjaga toko, kasir, ataupun pelayan restoran.

2. Mbak-Mbak Asem


Maksudnya disini bukan berarti mbak-mbaknya jarang mandi jadi baunya asem gitu. Memang tadi saya katakan, kalau mbak-mbak di Rusia itu berparas cantik seperti bintang Hollywood. Tapi jangan harap mendapat senyuman manis dari si mbak cantik itu. Dalam melayani, mbak-mbak tersebut biasanya terkesan asem atau tidak ramah dengan pembeli. Tapi, kita tetep boleh kok memandang wajahnya yang mempesona itu. :D

3. Buku Kotak-Kotak


Jika di Indonesia kita terbiasa menulis dengan buku garis dua, lain halnya di Rusia. Buku kotak-kotak digunakan sebagai buku tulis utama. Dari mulai pelajar sekolah sampai mahasiswa di perguruan tinggi pun memakai buku tulis kotak-kotak. Bahkan ketika kita membeli isi file binder, semua kertas file tersebut bergaris kotak-kotak. Sepertinya bisa awet muda di sini, karna setiap menulis mengingatkan kita pada masa Sekolah Dasar :D.
Silahkan menulis di atas kertas ini.


4. Membeli Plastik


Kalau ini mungkin sudah biasa dilakukan oleh negara-negara di Eropa atau negara maju lainnya. Jika kita berbelanja di sebuah toko atau supermarket kita harus membayar biaya tambahan untuk sebuah kantong plastik. Untuk sebuah kantung plastik biasanya dihargai berkisar 1,3 rubel - 10 rubel, atau sekitar 500 - 3000 rupiah. Seharusnya hal ini juga harus dilakukan di Indonesia agar kita lebih menghargai plastik. Karena limbah dari sampah-sampah plastik yang tidak mudah terurai menyebabkan polusi, Global Warming dan berbagai masalah pencemaran.
Sampah plastik memprihatinkan.

5. Vodka atau Minuman Alkohol Murah


Vodka merupakan minuman beralkohol khas Rusia yang memiliki kandungan alkohol tinggi. Biasanya minuman ini digunakan sebagai penghangat tubuh disaat musim dingin. Minuman ini sangat mudah kita temui minimarket atau di kios-kios di pinggir jalan. Jika di Indonesia untuk membeli sebuah minuman beralkohol kita harus merogoh kocek lumayan, dan menunjukan KTP yang berarti kita telah berusia 21 keatas. Tapi di Rusia dengan uang sekitar 100 rubel lebih atau 35.000 rupiah kita sudah dapat membeli sebuah Vodka atau minuman beralkohol tanpa harus menunjukan identitas apapun.

Vodka yang mudah didapat di minimarket.


Itulah sedikit hal unik yang saya temukan selama tinggal di Rusia. Kalau kamu sedang merantau di negara lain bisa juga dishare. Atau ada yang mau ditambahkan?

CONVERSATION

18 comments:

  1. Здравствуйте!
    Wah, kamu sangat beruntung bisa ke Rusia :D
    share lebih banyak tentang hal2 kecil di Rusia dong. hehe :D

    ReplyDelete
  2. Зравствуйте Аде!
    makasih ya udah mampir.
    nanti ditunggu ya updateannya :D

    ReplyDelete
  3. iya bagus blog nya, salam kenal,, aku yg nongol di grup fb td lho :D

    ReplyDelete
  4. yang punya blog ini, minta emailnya dong kak.

    ReplyDelete
  5. wah dari kecil aku selalu mendambakan russia, sekarang aku kuliah di STMIK AMIKOM JOGJA, doain ya supaya bisa menginjakan kakiku ini di negara itu, dan minta emailnya dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semoga suatu hari bisa main ke Rusia yaa :))

      Delete
  6. Gak sengaja buka buka di google tentang russia, alhamdulilah dapet infonya, makasih kaka

    ReplyDelete
  7. Alhamdulilah dapet info banyak dari blog ini , spasiba :)

    ReplyDelete
  8. kenapa bukunya bergaris kotak-kotak?

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Terima kasiih yaa sudah berkunjung ke blog ini :))

      Delete
  10. ih aku suka bgt liat wajah2 org rusia. pengen kesana

    ReplyDelete
  11. Sy selalu menyukai tentang berbagai hal tentang Russia...karena putri bungsu sy Sarah Angelia pernah pertukaran pelajar AFS selama setahun di kota Krasnodar Russia n Ketua Permira saat ini Fakhrul adalah teman AFSnya saat itu...Sarah saat ini kuliah di Teknik Elektro Biomedika ITS n msh berkeinginan dapat beasiswa ke Russia...

    ReplyDelete

Back
to top